Strategi & Sasaran

icon front default3

 http://ft.usu.ac.id

Tujuan Departemen Teknik Sipil

Tujuan Departemen Teknik Sipil adalah sebagai berikut :

  • Menghasilkan sarjana teknik sipil yang memiliki sikap yang professional serta pengetahuan dan ketrampilan yang memadai untuk dapat bersaing di dunia industri, khususnya di bidang teknik sipil.
  • Melakukan pelayanan jasa konsultasi dalam industri infrastruktur dan pengabdian masyarakat pada umumnya.
  • Mengembangkan ilmu dan keahlian dalam bidang teknik sipil.

 

Sasaran Departemen Teknik Sipil

Untuk mencapai tujuan tersebut, Departemen Teknik Sipil menetapkan sasaran jangka panjang sebagai berikut :

  • Peningkatan kualitas staf pengajar melalui peningkatan jenjang pendidikan formal dari S1 mencapai S2, dari S2 mencapai S3, dengan target dosen yang bergelar S2 minimal berjumlah 80 % dari seluruh staf.
  • Peningkatan wawasan dan keahlian staf pengajar melalui pengiriman untuk mengikuti berbagai workshop di dalam dan luar negeri dalam bidang keahlian masing-masing ( Struktur, Transportasi, Geoteknik, Teknik Sumber Daya Air, Manajemen Konstruksi, Lingkungan). Pengiriman ini minimal 1 kali dalam setahun untuk setiap bidang studi.
  • Peningkatan disiplin pemenuhan kewajiban belajar mengajar dan membimbing dengan menggunakan metode dan peralatan terkini. Dalam hal ini misalnya penggunaan LCD, penyediaan buku ajar, visualisasi materi ajar, dan pemakaian internet.
  • Peningkatan kerjasama dengan rekanan bisnis untuk melayani kegiatan masyarakat industri dalam bentuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan menjalankan unit usaha di dalam koordinasi Departemen Teknik Sipil, sehingga para dosen dapat bekerja sama dalam satu tim di bawah payung Departemen Teknik Sipil.
  • Pemantapan sinergi dengan segenap stakeholders pendidikan tinggi terutama para pemakai jasa teknik sipil. Untuk hal ini seminar nasional dalam bidang teknik sipil dilakukan minimal setahun sekali. Demikian pula pertemuan alumni dilakukan minimal setahun sekali.