Tentang Program Studi

icon front default1

http://ft.usu.ac.id

Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara berdiri pada tahun 1959 yakni melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 83303/S tanggal 26 Agustus 1959.

Departemen Teknik Sipil adalah merupakan program tertua di Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, dan sejarah berdirinya berkaitan dengan kebutuhan insinyur di Departemen Pekerjaan Umum pada akhir tahun lima puluhan. Pada saat itu pendidikan tinggi dibidang teknik sipil di Indonesia hanya ada di Pulau Jawa. Pada tanggal 18 Januari 1958, Gubernur Sumatera Utara membentuk panitia pendirian Fakultas Teknik di Medan. Setahun kemudian, panitia, yang kemudian disebut dengan panitia delapan, akhirnya menyimpulkan bahwa Fakultas Teknik Negeri perlu segera didirikan di Medan, Sumatera Utara.

Pada gilirannya, Fakultas Teknik resmi mulai berdiri pada tanggal 1 September 1959 dengan hanya menjalankan satu Departemen yakni Departemen Teknik Sipil. Dalam perkembangannya Departemen Teknik Sipil USU dinamakan Jurusan Teknik Sipil USU. Pada tahun 1991, dosen-dosen di bawah Jurusan Teknik Sipil berhasil membuka Departemen baru yaitu Departemen Teknik Arsitektur USU. Pada Tahun 2001, dosen-dosen di bawah Jurusan Teknik Sipil USU berhasil pula membuka Departemen Magister Teknik Sipil USU. Setelah USU menjadi PTN BHMN pada tahun 2005, Departemen Teknik Sipil USU dinamakan Departemen Teknik Sipil dalam Struktur Organisasi USU.