• Sukseskan Pengisian Tracer Study
    Sukseskan Pengisian Tracer Study

    Pengisian Tracer Study USU
    pada Link  http://tracerstudy.usu.ac.id/    

  • WEBINAR
    WEBINAR "PUTRA BAJA DELI" Kuliah Umum Universitas Sumatera Utara

    Struktur Organisasi

  • Kampus Merdeka
    Kampus Merdeka

    kampus merdeka

  • Kuliah Umum BIM (Building Information Modelling) Fakultas Teknik USU
    Kuliah Umum BIM (Building Information Modelling) Fakultas Teknik USU

    SEMINAR TS 17 APRIL 2021

  • Visi Prodi Teknik Sipil USU
    Visi Prodi Teknik Sipil USU
  • Misi Prodi Teknik Sipil USU
    Misi Prodi Teknik Sipil USU
  • Pimpinan Departemen Teknik Sipil USU
    Pimpinan Departemen Teknik Sipil USU
  • Koordinator Kelompok Bidang Keahlian (KBK)
    Koordinator Kelompok Bidang Keahlian (KBK)
  • Departemen Teknik Sipil USU
    Departemen Teknik Sipil USU

Mahasiswa Magang dalam Rangka Kampus Merdeka

Mahasiswa Magang di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Sumatera Utara

Berikut adalah mahasiswa magang di Proyek Jembatan Tano Ponggol Kabupaten Samosir dalam Rangka Kampus Merdeka di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Sumatera Utara selama satu (1) semester Februari s/d Agustus 2021.

foto magang

Adapun nama mahasiswa tersebut adalah Evin C.Siburian (180404071), Mangihut P. Malau (180404121), Apryan M. Sinulingga (180404134), Tri Patrio P. Habeahan (180404140) .

Menurut Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/about/kata-pengantar-direktur-belmawa bahwa Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Pasal 18 disebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan: 1) mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar; dan 2) mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.

Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Sistem laman Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dikembangkan untuk mempermudah pihak-pihak terkait yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran Kampus Merdeka, mulai dari registrasi sampai dengan pelaporan kegiatan dan hasil pembelajaran. Integrasi data perguruan tinggi dan mahasiswa dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) memastikan bahwa hanya mahasiswa aktif terdaftar di PDDIKTI dan memenuhi persyaratan umum sesuai buku panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang bisa registrasi dan melaporkan kegiatan pembelajaran di sistem ini.

Sebagaimana dalam laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/about/latar-belakang, “Kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Program utama yaitu: kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan perguruan tinggi negeri menjadi PTN berbadan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud berupa 1 semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Berbagai bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi, di antaranya melakukan magang/ praktik kerja di Industri atau tempat kerja lainnya, melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran mahasiswa, melakukan penelitian, melakukan kegiatan kewirausahaan, membuat studi/ proyek independen, dan mengikuti program kemanusisaan. Semua kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan bimbingan dari dosen. Kampus merdeka diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh, siap kerja, atau menciptakan lapangan kerja baru

Proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial. Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Melalui program merdeka belajar yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik, maka hard dan soft skills mahasiswa akan terbentuk dengan kuat.”

 

 

AGENDA

No upcoming event!

Berita