Visi & Misi

tentang visi misi strategi dan sasarn page 0003

Visi Program Studi Teknik Sipil

“Menjadi Program Studi yang unggul dan berdaya saing global dalam pengembangan iptek dan riset rekayasa infrastruktur berbasis kekuatan lokal”

Makna Visi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

  • “unggul dan berdaya saing global” artinya memiliki keunggulan akademik yang akan dikembangkan USU untuk bersaing pada tataran global. Pada dokumen Renstra USU 2015-2019 dan Rencana Jangka Panjang USU 2015-2039 telah ditetapkan keunggulan akademik yang berkarakteristik Sumatera Utara, disingkat TALENTA yang merupakan penjabaran dari “Tropical Science and Medicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy (sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism), Technology (appropriate) dan Arts (ethnic)”. TALENTA adalah produk yang akan menjadi keunggulan akademik seperti tuntutan visi pada Statuta USU. Adapun keunggulan akademik TALENTA yang dapat dicapai oleh Program Studi Teknik Sipil USU khususnya di bidang : Local Wisdom, Energy (sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism) dan Technology (appropriate). Fakultas Teknik kemudian membingkai keunggulan ini dalam bidang ilmu Teknik Sipil, Mesin, Elektro, Industri, Kimia, Arsitektur dan Lingkungan yang disingkat “SIMETRIKAL”.
  • “pengembangan iptek dan riset” merupakan bagian dari 3 (tiga) pilar utama yaitu pilar pendidikan dan pengajaran, pilar penelitian dan pilar pengabdian yang menjadi pedoman dalam mewujudkan Visi.
  • “rekayasa infrastruktur” menekankan bidang yang dikuasai yakni bidang keteknik-sipilan. Sebagaimana diketahui bahwa Profil Lulusan Program Studi S-1 Teknik Sipil USU adalah “Menjadi Sarjana Teknik Sipil (Insinyur Muda) yang siap berkembang di proyek pemerintah atau swasta sebagai perancang (designer), pelaksana dan pengawas”.
  • “kekuatan lokal“ menunjukkan bahwa Sumatera Utara memiliki Sumber Daya Alam yang khas seperti Danau Toba, Gunung Sinabung, Pelabuhan Sibolga, Pulau Nias, kawasan ekonomi Sei Mangke Batubara, pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Belawan, Bandara Kuala Namu, konservasi Orang Utan Bukit Lawang, SDA yang besar terutama air yang dapat dirubah menjadi energi, pengairan, air bersih, maritim bahari dan lain-lain; disamping juga kaya akan mineral batubara, minyak bumi, emas dan gas; serta hasil perkebunan sawit, karet dan coklat merupakan yang terbaik di Indonesia. Sumatera Utara berada di kawasan rawan gempa yakni Patahan Semangko, sehingga perlu dipersiapkan konstruksi tahan gempa dengan inovasi manfaat material yang dihasilkan oleh gempa. Sumatera Utara berada di Regional IMT-GT, merupakan kawasan strategis pertumbuhan ekonomi yang saling menguatkan antara Indonesia bagian Barat, Malaysia, Thailand dan Singapura. Kondisi ini didukung oleh Sumber Daya Manusia dengan pertumbuhan penduduk yang heterogen yang berasal dari berbagai daerah.

Misi Program Studi Teknik Sipil

Untuk mewujudkan visinya, ditetapkan Misi Prodi Teknik Sipil sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan program sarjana Teknik Sipil yang menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global dalam bidang akademik dan berkarakter BINTANG.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian pada bidang rekayasa infrastruktur berbasis kekuatan lokal.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang infrastruktur secara berkelanjutan.
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan profesi dalam lingkup regional dan internasional.
  5. Menyelenggarakan program pengembangan dan layanan profesi.

Tata nilai utama “BINTANG” menjadi pedoman berperilaku bagi seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan di Fakultas Teknik USU termasuk Prodi Teknik Sipil. “BINTANG” adalah tata nilai utama, yaitu:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinekaan.

Insan FT USU taat kepada Tuhan Yang Mahaesa, senantiasa bermohon kepada-Nya untuk segala upaya meraih keberhasilan, disertai semangat kebersamaan dan toleransi antar pemeluk agama yang berbeda-beda.

  1. Inovatif yang berintegritas.

Insan FT USU menyadari bahwa untuk menjadikan FT USU sebagai fakultas ternama, bereputasi, dan memperoleh pengakuan internasional diperlukan inovasi di berbagai bidang dengan tetap berpedoman pada kaidah etika keilmuan dan profesionalisme.

  1. Tangguh dan arif.

Insan FT USU pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam memperjuangkan cita-cita dengan tetap bersikap arif.

Tata nilai tambahan lainnya yang harus dimiliki oleh insan FT USU adalah berupa 7 (tujuh) karakteristik utama yaitu akhlak mulia, komunikatif, mampu bekerjasama dalam tim, jiwa enterpreneur, fokus, kompetitif, dan berjiwa long life learning.

Tujuan Program Studi Teknik Sipil

Dalam rangka mencapai visi dan menjalankan misi, maka Tujuan Prodi Teknik Sipil USU adalah sebagai berikut:

  1. Terciptanya atmosfer akademik yang kondusif untuk pengembangan karakter BINTANG.
  2. Menghasilkan lulusan Teknik Sipil yang unggul dan berdaya saing global serta berkarakter BINTANG.
  3. Menghasilkan penelitian bidang rekayasa infrastruktur berbasis kekuatan lokal yang unggul dan inovatif.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis karya penelitian secara berkelanjutan.
  5. Menguatnya jejaring nasional dan internasional dalam bidang akademik.
  6. Menyelenggarakan program pengembangan dan layanan profesi.

 Lihat profil Teknik Sipil pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=b17ic7ZjbGU&t=90s

Berita